Margareth Thatcher


Kabar wafatnya mantan perdana menteri Inggris, Margareth Thatcher, hari ini (8 April 2013), membawa kenangan saya ke masa lalu.  Margareth Thatcher adalah nama yang paling sering saya dengar sepanjang kurun akhir 1970-an hingga awal 1990-an.  Pasalnya, almarhum Abak (ayah) adalah pendengar sangat setia dari Siaran Radio BBC London berbahasa Indonesia.  Waktu itu radio masih berada dimasa jayanya.  

Dimasa itu setiap pagi saya dibangunkan oleh alunan musik pembuka siaran BBC pukul 6 WIB.  Musik khas itu terdengar lagi pukul 6 petang dan 8 malam.  Demikianlah,  setiap hari paling tidak tiga kali Abak mendengar warta berita dunia.  Satu kali saja terlewatkan karena sesuatu hal, Abak biasanya akan menggerutu kecewa.  Kadang menyalahkan situasi tak terduga yang membuatnya tidak dapat berada didekat radio kesayangannya.

Pada masa itu, Margareth Thatcher adalah salah satu pemimpin dunia terkemuka.  Sehingga namanya paling sering disebut oleh Pembaca berita BBC.

Televisi pertama kami adalah TV hitam putih 14 inchi merek National.  TV itu dibeli tahun 1983 seharga Rp 120,000 dengan sisa uang perjalanan dinas Ibu mengikuti Penataran ke Jambi, ibukota propinsi kami.  Ibu waktu itu adalah guru bahasa Inggris di sebuah SMP di punggung Bukit Barisan.  Sebenarnya sisa uang dinasnya tidak cukup untuk membeli TV, tapi seorang Paman yang tinggal di Jambi menggenapkannya.  Momen ketika Ibu pulang dengan membawa TV adalah salah satu kejutan terindah dalam sejarah keluarga kami.

TVRI adalah satu-satunya stasiun TV yang bisa dinikmati pada masa itu.  Dunia Dalam Berita yang tayang pukul 21.00 WIB selama 30 menit adalah program berita paling top dijamannya dan merupakan andalan TVRI.  Dunia Dalam Berita biasanya diikuti oleh acara hiburan yang cukup menarik seperti Aneka Ria Safari.  Tapi, bila anda tidak beruntung, Dunia Dalam Berita disusul oleh Laporan Khusus, terutama bila pagi harinya ada Sidang Kabinet.  Menteri Penerangan masa itu dengan rambut klimisnya, Harmoko, akan bercuap-cuap selama minimal 30 menit menjelaskan hasil Sidang Kabinet.

Lagi-lagi, Margareth Thatcher adalah figur yang paling sering muncul di Dunia Dalam Berita dengan model rambut mengembang khas miliknya yang tidak pernah berubah.

Selamat jalan Baroness Thatcher.

——————————————————
Kuala Lumpur, 8 April 2013.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s