Ramadan tempo doeloe (2): Sirup ABC rasa jeruk

Kurma tidak selalu bisa didapat didusun kami, bahkan dibulan Ramadan.  Apa daya, tidak selalu kami dapat mengikuti sunnah Rasul untuk berbuka dengan tiga butir kurma.  Melainkan kami berbuka dengan sirup ABC rasa jeruk, setiap hari.  Sepanjang dua puluh sembilan atau tiga puluh hari bulan Ramadan.  Ibarat pepatah, tiada kurma, sirup ABC pun jadi.
Demikianlah, sirup ABC rasa jeruk begitu istimewa bagi keluarga kami.  Ia ada di bulan Ramadan dan hari raya saja.  Dibulan lain kami tidak pernah membeli sirup ABC rasa jeruk untuk pelepas dahaga sehari-hari.  Bila ada tamu yang beruntung disuguhi sirup ABC rasa jeruk, pastilah itu sisa lebaran yang lalu.  Barangkali kelangkaan yang disengaja inilah yang membuatnya menjadi begitu mewah dan istimewa.  Yang tiada berkesan Ramadan tanpanya.
(source: www.widgetmarket.com)

Beberapa menit menjelang berbuka, gelas-gelas sebanyak anggota keluarga kami berisi sirup ABC rasa jeruk telah tersebar melingkar diatas tikar diruang tengah.  Kami waktu itu tidak punya meja makan.  Kami makan dilantai, lelaki bersila, perempuan bersimpuh. 

Ibu lebih sering menyiapkan sirup ABC rasa jeruk hangat ketimbang dingin.  Ada dua alasannya, pertama, ibu percaya minuman dingin tidak baik bagi anak-anak.  Kedua, kami tidak punya kulkas.  Bila ingin minuman dingin, aku harus mengayuh sepeda mini biru kebanggaanku ke lepau terdekat yang cukup jauh untuk ukuran masa itu, satu kilometer lebih jaraknya.  Lagi pula, kata ibu tidak baik berada diluar rumah ketika remang-remang menjelang Maghrib, banyak syaitan-syaitan pengganggu berkeliaran.
Satu lagi yang kuingat, seduhan sirup ABC ibu selalu lebih encer dari takaran semestinya.  Ibu berdalih bahwa terlalu banyak sirup dapat menyebabkan sakit gula.  Padahal kami semua faham alasan sesungguhnya, bahwa Ibu mau berhemat.
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s