Mengerti Asuransi

36. Alur kontribusi reasuransi syariah akad wakalah (non-Indonesian model)

Dengan mencermati alur kontribusi atau premi yang diuraikan oleh dua artikel terdahulu (no 34 dan 35), pembaca tentu telah dapat melihat perbedaan antara praktek reasuransi syariah akad wakalah bil ujrah dan reasuransi konvensional. Sebagian dari anda mungkin berpendapat bahwa mekanisme reasuransi syariah terlihat lebih rumit dari pada konvensional. Ini adalah konsekuensi dari pembelahan kontribusi menjadi dana tabarru’ dan ujrah.

Wakalah merupakan akad yang saat ini paling banyak digunakan dalam asuransi dan reasuransi syariah diseluruh dunia, baik asuransi jiwa maupun umum. Hampir semua asuransi dan reasuransi diseluruh dunia menerapkan mekanisme segregasi kontribusi menjadi tabarru’ dan ujrah atau wakalah fee yang sama sebagaimana diuraikan dalam artikel Alur kontribusi pada asuransi syariah dengan akad wakalah bil ujrah. Pengecualian ada pada praktek di Saudi Arabia dan Iran, yang InsyaAllah dapat kita bahas pada kesempatan lain.

Akan tetapi, pada praktek reasuransi syariah, terdapat perbedaan terutama dalam hal pengambilan ujrah atau wakalah fee untuk perusahaan reasuransi syariah. Pada artikel Alur kontribusi pada reasuransi syariah dengan akad wakalah bil ujrah telah diuraikan bahwa ujrah untuk perusahaan reasuransi syariah diambil atau dikurangkan dari ujrah perusahaan asuransi. Ini adalah praktek di Indonesia. Sedangkan praktek diluar Indonesia menggunakan mekanisme yang berbeda.

Dalam praktek reasuransi syariah di luar Indonesia, ujrah atau wakala fee bagi perusahaan asuransi tidak diambil dari ujrah milik perusahaan asuransi. Melainkan, perusahaan reasuransi syariah mengenakan ujrah atas dana tabarru’ reasuransi yang dikelolanya. Berapa besaran wakala fee yang akan diambilnya tidak lagi menjadi butir yang disepakati dengan perusahaan asuransi syariah yang membagi sebagian risikonya. Ia menjadi urusan antara dana tabarru’ reasuransi dan perusahaan yang menjadi operatornya.

Lalu bagaimana kontribusi disalurkan dari asuransi ke asuransi syariah? Apakah dana tabarru’ saja atau termasuk bagian ujrah juga? Praktek reasuransi syariah di luar Indonesia mengadopsi alur kontribusi sebagaimana yang dipraktekkan oleh reasuransi konvensional, sebagaimana diuraikan dalam Alur premi pada reasuransi konvensional. Dimana, kontribusi reasuransi yang diteruskan kepada reasuransi adalah dalam bentuk kontribusi bruto (sebelum dikurangkan dengan biaya-biaya yang merupakan saham dari bagian risiko yang direasuransikan). Oleh karena itu, praktek ini mengadopsi butiran komisi reasuransi dari reasuransi konvensional sebagai mekanisme untuk mengembalikan atau reimburse biaya-biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan asuransi syariah. Ia disebut pula sebagai retakaful commission.

Menggunakan contoh yang sama dengan yang dipakai oleh artikel Alur kontribusi pada reasuransi syariah dengan akad wakalah bil ujrah, alur kontribusi reasuransi syariah yang di praktekkan di luar Indonesia dapat dirangkum dalam diagram berikut.

Alur kontribusi pada reasuransi syariah dengan akad wakalah, sebagaimana dipraktekkan diluar Indonesia

Dalam praktek sebagaimana digambarkan diatas, semua kontribusi yang diterima dari peserta dimasukkan kedalam dana tabarru’. Demikian pula reasuransi syariah, kontribusi reasuransi bruto yang diterima dari perusahaan asuransi syariah sepenuhnya dimasukkan kedalam dana tabarru’reasuransi yang dikelolanya. Setelah semua butir transaksi yang melibatkan dana tabarru’ diperhitungkan, baik yang menjadi hak maupun kewajiban dana tabarru’, barulah operator mengambil haknya berupa wakalah fee dari dana tabarru’ yang dikelolanya. Hal ini digambarkan oleh baris terakhir dari diagram diatas.

Adakah sebab kedua praktek ini bisa berbeda? Manakah yang lebih baik diantara keduanya? Kita bahas pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s