Mengerti Asuransi

38. Mengenal produk asuransi jiwa: variable, universal life dan unit link

Produk asuransi jiwa whole life assurance (asuransi jiwa seumur hidup) yang kita bahas pada artikel sebelumnya Mengenal produk asuransi jiwa: asuransi seumur hidup dan endowment assurance memiliki setidaknya dua kelemahan yaitu:

  1. Hasil tabungan atau investasi yang relatif rendah.
  2. Rendahnya tingkat transparansi dari perusahaan asuransi terhadap pemegang polis.

Keduanya sesungguhnya merupakan implikasi dari kenyataan bahwa perusahaan asuransi menanggung semua risiko, baik risiko mortalitas (kematian) maupun risiko investasi. Berangkat dari pemahaman bahwa investasi memiliki tingkat volatilitas tertentu, perusahaan asuransi yang prudent tentu tidak akan mengumbar atau menjanjikan tingkat hasil yang terlalu tinggi kepada para nasabahnya.

Situasi ini tentu tidak menyenangkan bagi tertanggung yang menggunakan asuransi tidak hanya sebagai proteksi namun juga sebagai salah instrumen berinvestasi. Mereka menginginkan hasil investasi yang tinggi dan juga transparansi lebih agar mereka dapat memantau perkembangan investasi mereka.

Selain itu, sebagai instrumen investasi, perusahaan asuransi jiwa memiliki pesaing-pesaing tangguh seperti mutual fund (reksadana), bank komersil maupun lembaga keuangan lainnya. Memang para pesaing itu tidak mampu memberikan manfaat proteksi, namun apabila hasil investasi perusahaan asuransi terlalu jauh dibawah mereka, maka proteksi asuransi tidak cukup atraktif dalam memenangkan persaingan.

Oleh sebab itu, perusahaan asuransi pun mulai mengeluarkan produk untuk mengatasi persoalan ini. Dua jenis produk yang paling penting adalah variable life dan universal life.

Source: smartasset.com

Variable life assurance

Variable life assurance adalah asuransi jiwa yang manfaat kematian dan manfaat investasinya tidak lagi tetap sebagaimana whole life policy. Keduanya berubah-ubah tergantung pada hasil investasi riil yang didapat oleh perusahaan asuransi.

Berikut ini adalah fitur-fitur dasar dari variable life assurance:

  1. Variable life assurance sejatinya adalah whole life assurance yang preminya tetap dan dijamin tidak naik selama periode pertanggungan.
  2. Pemisahan dana cadangan kedalam akun berbeda antara manfaat kematian dan dana investasi.
  3. Biasanya pemegang polis dapat memilih jenis investasi yang diinginkan seperti saham, bond, pasar uang dan sebagainya.
  4. Nilai tunai saat polis yang dibatalkan (surrender) tidak dijamin besarnya. Nilai tunai aktual bergantung pada performa investasi sebelum pembatalan.

Dengan demikian, meski risiko mortalility dan biaya-biaya dijamin oleh perusahaan asuransi, risiko investasi sepenuhnya ditahan oleh pemegang polis. Jadi variasi atas manfaat kematian hanya disebabkan oleh investasi saja, jadi bila hasil investasi buruk sekali, manfaat kematian tetap akan diberikan meski dengan jumlah sedikit lebih rendah.

Universal life assurance

Inilah jenis asuransi jiwa yang sangat populer saat ini, terutama bagi mereka yang menggunakan asuransi tidak sebagai proteksi semata, namun juga instrumen investasi. Popularitasnya sangat didukung oleh banyaknya fleksibilitas yang ditawarkannya.

Pada dasarnya universal life assurance adalah whole life assurance dengan premi yang fleksibel dan adanya pemisahan antara komponen proteksi, investasi dan biaya-biaya. Adanya pemisahan komponen-komponen ini merupakan karakteristik utama dari universal life assurance. Perkembangan masing-masing komponen ini dilaporkan secara berkala kepada para nasabah. Sehingga kritik bahwa perusahaan asuransi kurang transparan segera dijawab oleh fitur ini.

Berikut ini adalah fleksibilitas-fleksibilitas yang ditawarkan oleh produk universal life assurance yang membuatnya superior dibandingkan jenis produk lain:

  1. Ada dua jenis universal life dalam hal manfaat kematian. Jenis pertama memiliki manfaat kematian yang jumlahnya tetap dan yang kedua menawarkan manfaat kematian yang meningkat seiring berjalannya waktu. Tentu saja, bentuk kedua memerlukan premi yang lebih tinggi.
  2. Besarnya premi dapat berubah, dinaikkan atau diturunkan, mengikuti perubahan kemampuan membayar atau situasi keuangan pemegang polis.
  3. Frekuensi pembayaran premi dapat disesuaikan dengan keinginan pemegang polis seperti bulanan, kuartalan, tengah tahunan atau tahunan.
  4. Manfaat kematian dapat dinaikkan atau diturunkan.
  5. Bila pemegang polis memiliki dana ekstra, ia dapat menyetorkannya untuk dimasukkan ke komponen investasi.
  6. Sebaliknya, bila pemegang polis sedang memerlukan dana, ia dapat melakukan penarikan nilai tunai investasi atau meminjam dana investasi tersebut untuk dikembalikan dikemudian hari.
  7. Ada pula polis yang memungkinkan penambahan tertanggung kedalam polis.

Dengan fleksibilitas-fleksibilitas diatas, masih memungkinkan perusahaan asuransi menjamin tingkat hasil investasi minimum.

Variable universal life assurance

Apabila universal life sama sekali melepaskan risiko investasi kepada nasabah, dengan kata lain tidak menjamin tingkat hasil investasi minimum, ditambah dengan keleluasaan bagi nasabah untuk memilih jenis-jenis investasi yang ia inginkan diantara pilihan-pilihan yang tersedia, maka produk ini dinamakan variable universal life assurance.

Variable universal life assurance tentu cocok sekali untuk nasabah yang memiliki literasi keuangan tinggi dan menggunakan polis asuransi lebih sebagai sarana berinvestasi dari pada proteksi. Kemana dana akan diinvestasikan dapat disesuaikan dengan tujuan berinvestasi dan tingkat toleransi risiko dari nasabah tersebut.

Selain tidak menjamin tingkat hasil investasi (tingkat bunga misalnya), variable universal life juga tidak menjamin nilai pokok (principal). Bila performa investasi buruk sekali, nilai tunai polis dapat berkurang tajam atau bahkan menjadi nol sama sekali.

Dapat dilihat betapa dalam variable universal life assurance risiko investasi sepenuhnya berada ditangan nasabah. Perusahaan asuransi hanya menahan risiko mortalitas. Oleh karena itu, kehati-hatian dan pendampingan perencana keuangan yang profesional sangat disarankan dalam pembelian produk ini.

Unit link

Belakangan muncul pula produk dimana nilai investasi telah mengalami proses indeksasi, sebagaimana nilai saham di pasar modal. Nilai tunai investasi polis tidak langsung dinyatakan dalam satuan mata uang, melainkan dalam satuan unit. Harga unit ini dalam satuan mata uang berfluktuasi bergantung situasi investasi dan pasar modal. Inilah yang membawa nilai tunai polis juga naik turun.

Perusahaan asuransi senantiasa mengumumkan nilai unit terkini, baik melalui media massa maupun website mereka sendiri. Transparansi ini memungkinkan nasabah menjual unitnya apabila nilainy sedang tinggi atau membeli unit baru untuk menambah investasi saat harga rendah. Produk inilah uang yang disebut unit link yang kini sangat populer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s